Melihat anak-anak didik kurang nyaman di kelas tentu sering kita jumpai. Ciri-ciri anak-anak didik kurang nyaman saat berada di kelas biasanya mereka cenderung enggan mendengarkan penjelasan guru, kurang aktif dalam menjawab pertanyaan guru, lebih suka mengganggu teman atau ngobrol dengan teman saat guru mengajar, serta kebiasaan yang lain. Agar hal ini tidak terjadi, tentu kita perlu tahu faktor-faktor apa sajakah yang menentukan kenyamanan anak didik dalam belajar di kelas? Berikut ini adalah penuturan dari Kak Zepe, yang merupakan kelanjutan dari artikel “Faktor penunjang Kenyamanan Anak Didik Dalam Belajar – Bagian 1”
- Pentingnya “Free Time”
Jam pelajaran yang terlalu padat, pembelajaran yang kurang bervariasi dan banyak faktor lain bisa menyebabkan anak menjadi merasa bosan belajar di kelas. Kita perlu mengambil satu waktu agar anak-anak bisa melakukan hal yang mereka suka (namun tetap dengan suasana tertib). Free time diadakan agar anak-anak bisa merasa “bebas” dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bereksplorasi secara bebas, dan mencegah ketegangan. Free time bisa dilakukan di dalam ruangan (bermain lego, balok, dll) ataupun di luar ruangan (main ayuanan, mobil-mobilan, dll).
- Kestabilan Emosi guru
Sebagai pendidik, kita harus bisa menjaga emosi kita sendiri. Jangan sampai permasalahan yang berasal dari rumah, kita bawa ke dalam sekolah. Karena bila kita kurang bisa mengontrol emosi diri, maka akan mempengaruhi kinerja kita di sekolah. Siapkan hati dengan baik sebelum Anda mengajar. Bila perlu berdoa terlebih dahulu. Kita juga perlu menjaga kestabilan emosi dengan datang minimal 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Bagaimana pun anak-anak akan lebih menyukai pendidik yang mengajar dalam suasana hati yang ceria dan tanpa beban. Ada tips khusus agar kesabaran seorang pendidik bisa terjaga dengan baik.
- Menjali keharmonisan dengan siswa
Tugas guru di sekolah tidak hanya sebagai pendidik maupun pengajar. Guru yang baik harus bisa menjadi sahabat bagi anak-anak didiknya. Hubungan yang baik antara guru dan siswa layaknya sahabat. Guru harus siap mendengarkan segala keluhan siswa dan membantu mengatasi apa pun permasalahan yang dihadapi anak-anak didiknya. Ia juga sesekali waktu perlu bermain bersama anak-anak didiknya agar bisa bersatu hati dengan anak-anak didiknya. Keharmonisan hubungan antara guru dan anak didik akan mempermudah guru dalam menasihati anak didiknya, terutama saat anak didiknya melakukan suatu kesalahan.
- Kenyamanan kelas
Kelas yang nyaman bisa menunjang kenyamanan suasana belajar mengajar. Kelas yang nyaman adalah kelas yang jauh dari kebisingan, jauh dari polusi, bersih, rapi, serta didekorasi secara menarik. Agar kelas menjadi nyaman, tentu lingkungan sekitar kelas pun perlu mendukung. Misalnya tersedianya taman dan tempat bermain. Tips mengenai cara menjaga kenyamanan anak didik dalam belajar dibahas di artikel ini.
- Keakraban antar siswa
Pendidik perlu menekankan bahwa setiap anak didik di dalam kelas adalah sahabat bagi masing-masing anak didik. Jadi tidak ada yang namanya pilih-pilih teman, apalagi membuat semacam gank. Mengubah formasi bangku kelas, mengadakan pembelajaran kelompok, dan mengadakan aktivitas yang dilakukan secara bersama bisa mendukung suasana keakraban antar anak didik.
- Peran orang tua
Pendidik yang baik akan selalu berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua. Dengan adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan guru, maka setiap permasalahan yang terjadi pada anak pun akan menjadi cepat terselesaikan dengan baik. Kadang anak-anak menjadi malas belajar hanya karena adanya masalah atau keluhan yang tidak terselesaikan atau tidak mendapatkan respon yang baik dari pihak sekolah.
Ada banyak cara untuk belajar, terutama agar anak-anak didik kita bisa lebih aktif dan suasana kelas menjadi interaktif. Diantaranya adalah dengan media lagu dan dongeng anak. Dongeng dan lagu anak dipercaya bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan di sekolah. Silakan download aplikasi dongeng dan lagu anak ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
– Cerita Anak, Mila Si Pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayam
Penulis: Kak Zepe
Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak... Lihat semua artikel yang ditulis Kak Zepe